Rabu, 28 Oktober 2015

CONTOH MAKALAH



KATA PENGANTAR

          Segala puji kami limpahkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah Nya, kami dapat menyelesaikan tugas karya tulis ilmiah mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), yang sebagaimana telah diberikan kepada kami.
Sehubung dengan tugas karya tulis ilmiah yang menjadi syarat nilai dalam rapor serta tugas akhir sekolah,  kami telah melakukan berbagai riset seta survei dalam pembuatan karya tulis ilmiah ini.
Harapan kami, tugas karya ilmiah yang berjudul “DAMPAK DIPUTUS PACAR” ini dapat memberikan wawasan serta tambahan pengetahuan tentang kasih sayang khusunya jika hubungan percintaan berakhir.
Akhirnya, kami segenap tim penyusun tugas karya tulis ilmiah ini mengucapkan terima kasih yang sebesarnya-besarnya kepada berbagai pihak yang telah mau berpartisipasi dalam pembuatan tugas karya tulis ilmiah ini. Tidak lupa kami juga meminta dan memohon kepada membaca agar memeberikan kritik dan saran demi kesempurnaan tugas krya tulis ilmiah ini.



Tim penyusun,



ABSTRAKSI

          Cinta adalah suatu hal yang dimiliki oleh setiap orang. Dari kalangan muda maupun sampai yang tua. Cinta untuk kalangan muda hanya sebatas cinta monyet. Cinta yang mudah datang dan mudah pergi. Sedangkan cinta yang sebenarnya dimiliki oleh para orang tua.
          Berbagai penyebab berakhirnya sebuah hubungan bisa diawali dari masalah-masalah sepele yang lama-lama berujung berakhirnya suatu hubungan. Berbagai konflik yang timbul bisa berupa caci maki maupun tindak kekerasan. Penyebab berakhirnya suatu hubungan, biasanya terjadi karena kesalahan orang itu sendiri.
          Dampak yang seringditimbulkan berupa galau yang berlebih, menangis sepanjang hari, serta melakukan hal-hal ekstrim seperti mengakhiri hidupnya. Begitu kecilnya wawasan seseorang mengenai cinta maka ia akan masuk kedalam jurangnya, dan orang itu akan melakukan hal ekstrim demi cinta tersebut.
          Namun meski mempunya dampak yang sedemikian rupa, ada pula sebagian orang yang berfikir positif dalam menghadapi  cobaan cinta ini. Dari yang berfikir masih ada yang lebih baik sampai kalu bukan jodoh tidak apa-apa, dan bersyukur pernah merasakan cinta.
          Banyak orang berfikir bahwa tidak dapat hidup tanpa cinta, asumsi tersebut memang bisa dikatakan benar, tapi kita tidak boleh terlalu memaksakan cinta. Jika hubungan percintaan telah berakhir kita boleh sedih, namun kesedihan tersebut jangan sampai menjadi sebuat awal dari kesedihan yang akut yang akan berujung ke kematian.
          Sepantasnya dan sewajarnya kita mengartikan cinta sebagi pedoman hidupagar hidup terasa lebih berwarna, dan jika cinta berakhir sewaktu-waktu kita sepatutnya dapat memperoleh hikmah dibalik cobaan cinta tersebut dan menjadi insan yang lebih baik lagi.




DAFTAR ISI

Lembar pengesahan dan persetujuan
Abstraksi………………………………………………………………i
Kata pengantar………………………………………………………..ii
Daftar isi……………………………………………………………...iii

BAB I                   PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang………………………………………1
1.2  Pembatasan masalah……………………………...…2
1.3  Perumusan masalah……………………………........2
1.4  Tujuan penelitian……………………………………3
1.5  Metode penelitian…………………………………...3
1.6  Manfaat penelitian………………………………….3
BAB II                 LANDASAN TEORI
2.2Definisi cinta………………………………………...5
                   2.2 Definisi pacar……………………………………….6
2.3Definisi galau………………………………………..7
2.4Hipotesis……………………………………………..7
2.5Waktu dan lokasi penelitian…………………………7
2.6Sistematika penulisan………………………………..8
BAB III                METODELOGI
                   3.1. Jenis penelitian……………………………………...9
                   3.2 Sumber data…………………………………………9
                  

3.3 Teknik pengumpulan data…………………………...9
                   3.4 Teknik analisis data…………………………………9
                   3.5. Prosedur penelitian…………………………………9

BAB IV                PEMBAHASAN DAN HASIL PENGAMATAN
                   4.1. Pembahasan…………………………………….…11
                   4.2. Hasil pengamatan…………………………………11

BAB V                 KESIMPULAN
                   4.1 kesimpulan…………………………………………13
                   4.2 Saran……………………………………………….13
                   4.3 Kritik……………………………………………….13
Daftar gambar
Daftar tabel
Daftar pustaka



 LEMBAR PENGESAHAN
DAN PERSETUJUAN

Karya tulis yang berjudul “ DAMPAK DIPUTUS PACAR ” ini diajukan sebagai syarat untuk mengetahui nilai rapor mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), kelas XII – kimia industri, tahun ajraran 2014/2015, di UPTD SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dan dinyatakan telah mendapat persetujuan sebagai karya tulis.







                                             Tulungagung,    Februari 2015
           
                                                                         Disetujui oleh :
                                                       Guru mata pelajaran PLH



                                                             Fajar Lutfianto S.Pd.



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.                      Latar belakang masalah
Pada era modern ini banyak dari kalangan muda berpacran sampai diluar batas. Banyak dari mereka yang berpacaran lebih dari 10 bahkan 100 kali tiap tahunnya. Oleh karena itu banyak dari kalangan muda ini khususnya perempuan yang terlalu galau karena sering diputus bahkan mutusin pacarnya.
     Para kalangan muda ini yang menjalani hubungan sebatas cinta monyet, yang mudah datang dan mudah pergi. Akan mengalami galau dan susah move on jika hubungan mereka berakhir.
     Bagi para pemain cinta hubungan yang seing berganti-ganti adalah petualangan dalam mencari cinta sejati. Mereka hanya menganggap hubugan mereka sebagai permainan belaka, bukan sebagai tolak ukur seseorang mencintai kita.
     Karena kondisi hubungan yang tidak menentu, berpisah jarak dan waktu (LDR), adanya orang ketiga, tidak direstui orang tua adalah sebagian besar masalah yang harus dihadapi oleh setiap pasangan. Tidak menutup kemungkinan berbagai masalah di atas dapat memicu konflikyang berujungnya berakhirnya suatuhubungan.
Berakhirnya suatu hubungan tidak hanya terjadi pada kalangan muda yang masih berpacaran, namun juga bisa terjadi pula pada orang yang sudah menikah. Alasan-alsan sepele sampai yang rumit sering menjadi alasan seseorang untuk mengakhiri hubungan.
1.2.                     Pembatasan masalah
Hal yang dijadikan sebagai batasan adalah dampak diputus pacar. Dampak diputus pacar berarti suatu akibat yang ditimbulkan oleh suatu masalah yaitu diputuspacar. Seringkali, masalah ini membuat banyak kalangan muda frustasi.
Disini kami akan menyampaikan informasi tentang dampak apa saja yang ditimbulkan jika suatuhubugan itu berakhir, serta apa yang membuat seseorang dapat kembali tegar dan kuat setelah galau dan gagal move on.
1.3.                     Perumusan masalah
Berbagai masalah-masalah yang telah kami teliti, dapat dirumuskan sebagai berikut :
·        Apa penyebab berakhirnya suatu hubungan ?
·        Apa dampak dari berakhirnya suatu hubungan ?
·        Hal pertama yang dilakukan setelah hungan berakhir ?
·        Apa yang akan dilakukan selanjutnya :
o   Mencari yang lebih baik ?
o   Ingin sendiri ?
o   Mencari orang untuk pelampiasan ?
·        Hal positif atau  motivasi apa yang dapat membuat diri tegar  ?



1.4.                     Tujuan penelitian
Adapun tujuan kami menulis tugas karya tulis ilmiah ini adalah sebagai berikut :
ü Untuk mengetahui penyebab berakhirnya suatu hubungan.
ü Untuk mengetahui dampak-dampak yang dapat ditimbulkan.
ü Untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dapat dilakukan.
ü Untuk mengetahui motivasi atau hal positif yang dapat membuat tegar kembali.
1.5.                     Metode penelitian
Metode penelitian yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara dan riset secara lansung melalui berbagai narasumber. Kami tidak menggunakan metode yang lain karena kami ingin terjun lansung dan mengetahi seseorang berbohong atau tidak.
1.6.                     Manfaat penelitian
Dari berbagai masalah yang ditimbulkan dan telah ditemukan solusinya dan dapat diambil manfaatnya. Berikut adalah manfaat yang di peroleh dari penelitian yang telah dilakukan, antara lain :
Ø Memberi  penyelesaian terhadap orang-orang yang sedang galau.
Ø Memberi  pengetahuan kalau cinta bukan hanya untuk permainan.
Ø Memberi pengetahuan dari dampak jika berakhirnya suatu hubungan.
Ø Member penjelasan jika diputus pacar, jangan sedih karena masih ada yang jauh  lebih baik.

BAB II
LANDASAN TEORI
2.1  Definisi cinta
Cinta adalah sebuah rasa yang dimiliki semua orang yang mempunyai banyak arti. Cinta tidak hanya untuk sesame manusia, namun untuk benda maupun makhluk lain ciptaan Tuhan, seperti hewan dan tumbuhan. Menurut pendapat sebagian orang cinta itu buta, cinta tidak mengenal status social, kasta maupun agama.
Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.
Manusia diciptakan disunia bukan sebagai makhluk individu, namun sebagai makhluk sosial. Makhluk yang membutuhkan makhluk lain dalam menjalani hidupnya. Dalam menjalani hidupnya itu manusia memerlukan cinta agar hubungan diantara makhluk satu dengan lainnya dapat berjalan secara harmonis.
Meskipun kita memerlukan cinta, namun jangan sampai kita terjebak dan terbuai akan indahnya cinta. Karena cina itu adalah sebuah perasaan yang sulit untuk dipahami dan dimengerti. Jika kita terjebak dalam cinta itu sendiri maka kita akan sulit lolos dari cinta jika cinta itu sedah berakhir. Banyak sekali dampak-dampak yang dapat ditimbulkan akibat terjebak dalam cinta. Namun, dalam memlilih dan menentuka cinta, kita jangan asal pilih, karena itu yang akan menentukan hasil akhirnya.
2.2  Definisi pacar
Pacar adalah seseorang yang menjadi pasangan seseorang dalam menjalin suatu hubungan berdasarkan suka sama suka. Dalam kalangan anak muda pacar biasanya identik dengan seseorang yang dekat dan menjalin hubungan lebih dari teman. Sebagian orang berpendapat bahwa pacar adalah bagian dari jiwa atau separuh jiwa dari orang tersebut. Dengan pengetahuan cinta yang dangkal, banyak orang yang salah mengartikan pacar.
Dalam era sekarang ini anak muda kalau tidak punya pacar akan dicela dan diangap tidak laku. Kalangan jomblo biasa disebut begitu dianggap mempunyai nasib yang naas karena tidak mempunyai pasangan atau pacar.
          Setiap orang mempunyai tipe dan karakteristik tersendiri dalam memilih dam mencari pacar. Tipe standar yang sering digunakan adalah, baik, setia, jujur, perhatian, pengertian dan mempunyai paras yang lebih dibanding yang lainnya.



2.3  Definisi galau
Galau adalah sebuah perasaan yang sering dirasakan seseorang khususnya kalangan anak muda. Galau dalam definisi anak muda sering diartikan sebagai perasaan sedih geisah dan tanpa arah. Biasanya galau disebabkan oleh diputus pacar, berantem sama pacar, liat pacar selingkuh atau masalah-masalah yang berhubungan dengan pacar.
Galau dikalangan anak muda sangat menjadi momok yang mengerikan, karena jika seseorang menjadi galau biasanya mereka tidak suka makan, tidur ataupun menjalani aktivitas seperti biasanya, dan jenis galau tipe tersebut adalah galau tingkat akut.
2.4  Hipotesis
Dampak diputus pacar mempunyai akibat dan penyebab yang beragam. Karena sifat dan sikap orang yang berbeda-beda dalam menyingkapinya. Ada yang disebabkan karena karena perselingkuhan, terlalu posseive  serta berbagai masalah-masalah lainnya.
Tidak hanya penyebab yang beragam, dampak yang ditimbulkan pun juga beeragam, mulai dari dampak positif maupun dampak negatif. Oleh karena itu kita harus pandai dan bijak dalam menyingkapi masalah-masalah tersebut.
2.5  Waktu dan tempat penelitian
Penelitian yang telah kami lakukan berdasarkan survei dan fakta asli yang telah dilakukan di UPTD SMKN 1 Boyolangu dan kami lakukan saat sepulang sekolah, mulai 2 februari 2015.
2.6  Sistematika penulisan
Sistematika penulisan makalah yang kami gunakan menururt sumber yang telah ada, yaitu kata pengantar, abstraksi, lembar pengesahan, daaftar isi, bab 1, bab 2, bab3, dan bab 4 serta daftar gambar, abel dan daftar pustaka.

BAB III
METODELOGI
3.1.                      Jenis penelitian
Jenis penelitin yang kami lakukan adalah jenis penelitian deskriptif. Karen metode ini metode yang paling mudah dilakukan
3.2.                     Sumber data
Sumber data yang kami lakukan pada penelitian kami diperoleh dari siswa dan siswi UPTD SMKN1 Boyolangu, Tulungagung.
3.3.                     Teknik pengumpulan data
Teknik pengmpulan data yang kami gunakan adalah metode wawancara dan survei secara langsung, dan kami lakukan secara random.
3.4.                     Teknik analisis data
Setelah data terkumpul, dari data tersebut dibuat tbel dan grafik serta ditaik keimpulan dari data tabel dan grafik tersebut.
3.5.                     prosedur penelitian
Alat dan bahan :
·        Hp
·        Kertas
·        Pensil/pulpen
·        Teks pertanyaan

Prosedur penelitian :
·        Mencari narasumber
·        Minta persetujuan
·        Jika disetujui dibei pertanyaan
·        Diajak bercanda
·        Berterima kasih
BAB IV
PEMBAHASAN DAN HASIL PENGAMATAN
4.1. Pembahasan
Cinta dan galau dalam kalangan anak muda adaklah dua hal yang saling berkaitan. Dalam cinta sering ada galau, dan galau selalu di sebabkan oleh cinta. Hubungan antara kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan. Karena itu adalah rahasia dalam kehidupan.
Kalangan anak muda yang menjalani suatu hubungan pasti akan menerima konsekuensinya. Mereka harus bisa menerima pahit, manis, asam, asinnya suatu hubungan. Tak heran jika banyak dari anak muda yang gila karena diputus pacar.
4.2. Hasil pengamatan
Berdasarkan data yang nyata kebanyakan anak muda akan menangiis dan galau ketika diputus pacarr. Namun tidak  menutup kemungkinan bahwa banyak anak muda yang sudah terbiasa oleh situasi tersebut.berikut adalahgrafik dari survei dan pengamatan yang dilakukan dalam waktu 1 minggu.
 
Dengan keadaan seperti itu, banyak moral anak muda yang rusak. Banyak diantara mereka rela melakukan apapun demi pacar dan cintanya itu. Tak heran jika ada beberapa kasus kematian karena diputus pacar.
Dalam konteks yang berbeda diputus pacar memunyai dampak baik, yang diantaranya : mengetahui bahwa masih ada yang jauh lebih baik, dia bukan jodoh kita, menambah pengalaman dalam urusan cinta dan pacaran, tegar dalam menjalani hidup dan sebagainya.Mulai dari dini kita harrus bisa merubah pola pikir kita tentang cinta.  Cinta itu sulit dimengerti, sekali kita masuk peraangkap selamanya kita akan disitu. Kita harus bisa membdakan mana cinta yang sejati dengan cinta monyet, dengan begitu jika kita diputus pacar kita tidak akan merasa sangat sedih jika harus kehilanganpacar tau orang yang kita sayangi.

BAB V
KESIMPULAN, KRITIK DAN SARAN
5.1. Kesimpulan
Dampak dari diputus pacar begitu bearagam. Pendapat-pendapat yang aneh pun sering muncul, karena dampak diputus pacar. Karena kurangnya pengetahuan tentang cinta dan terlalu larut kedalamnya banyak orang yang menjadi gila dibuatnya.
Sedih, menangis, kecewa adalah hal-hal yang sering dirasakan oleh kalangan anak muda karena diptus pacar. Namun ada pula anak muda yang menanggapinya dengan  lapang dada dan tidak sedih
5.2. Kritik
          Sebagai anak muda janganlah kita terlalu mengharap cinta. Apalagi dari status pacaran, yang sudah menikah saja masih bisa retak dan hancur hubungannya.
                   5.3. Saran  
Menjalani hubungan apalagi masih sebatas pacaran jangan terlalu aneh-aneh. Karena jika kita berpisah kita akan merasakan perasaaan yang amat sangat sedih.





DAFTAR TABEL
1.     PENYEBAB HUBUNGAN BERAKHIR
NO
SELINGKUH
POSSESIVE
CEMBURUAN
EGOIS
TIDAK COCOK
TIDAK DIRESTUI
1
V

V



2

V


V

3

V

V


4



V

V
5
V



V

6

V



V
7


V

V

8
V


V


9

V


V


2.     DAMPAK HUBUNGAN BERAKHIR
NO.
SEDIH
GALAU
MENANGIS
SAKIT HATI
STRESS
BIASA
1
V

V
V


2
V
V


V

3

V



V
4


V
V


5

V


V

6


V


V
7
V


V
V

8

V
V
V


9
V
V


V



3.     HAL PERTAMA YANG DILAKUKAN
NO
MAKAN
TIDUR
CURHAT
REFRESHING
1
V

V

2
V
V


3


V
V
4

V

V
5
V

V

6
V


V
7
V
V


8

V
V

9

V

V

4.     HAL YANG DILAKUKAN SELANJUTNYA
NO
MENCARI YANG LEBIH BAIK
SENDIRI
MENCARI PELAMPIASAN
1
V


2

V

3
V


4

V

5

V

6

V

7


V
8
V


9
V






5.     HAL POSITIF/MOTIVASI
NO.
ORTU
BERFIKIR POSITIF
BERDOA
1
V


2


V
3


V
4

V

5

V

6

V

7

V

8
V


9


V


DAFTAR GAMBAR



 
 

 
 

 














DAFTAR PUSTAKA




0 komentar:

Posting Komentar