Minggu, 18 Oktober 2015

STUDI ISLAM DI BARAT

  
STUDI ISLAM DI BARAT

Studi islam dibarat dikelompokkan menjadi dua:

  1. Membahas tentang sejarah dan dinamika perkembangan studi islam dinegara barat yang dilakukan oleh para mahasiswa indonesia beserta beberapa tokoh yang memiliki peran penting.
  2. Kondisi studi islam dibeberapa universitas dinegri barat dalam catatan Harry A. Poeze, mahasiswa indonesia pertama yang melakukan studi dibarat, yaitu di Laiden Belanda ,adalah Raden Mas Ismangoen Danoe Winoto.
    Studi dibarat yang dilakukan pada masa itu lebih dilatar belakangi oleh kepentingan politis pemerintahan kolonial belanda ,seiring dengan perkembangan zaman studi dinegara negara barat terus berkembang, studi yang dilakukan oleh orang indonesia menganbil konsentrasi bidang ekonomi, politik, pemerintahan dan belum ada yang mengambil fokus khusus studi islam, fokus studi islam baru mulai dilakukan setelah indonesia merdeka dan orang indonesia yang pertama kali melakukan studi islam dibarat adalah M. Rasjidi mentri pertama indonesia ini menamatkan program doktor diuniversitas sorbone prancis ,tokoh lain yang menjadi generasi awal yang melakukan studi islam dibarat pasca Rasjidi adalah Harun Nasution, Harun menempuh pendidikan tingginya diKairo dan diKanada jadi antara perpaduan timur tengah dan barat Harun mulai kuliah dikanada pada 20 september 1962 dikanada harun menemukan apa yg diinginkan, dan memperoleh pandangan islam yang luas, tokoh lain yang memiliki peran penting dalam studi islam dibarat adalah A. Mukti Ali dalam perjalanan intelektualnya, A. Mukti Ali pernah belajar dipakistan ,namun atas saran dari Anwar Harjono .A.Mukti Ali dianjurkan untuk tidak pulang keindonesia terlebih dahulu walaupun sudah mengondol gelar dokter dalam bidang sejarah islam namun diharapkan untuk studi lagi di Mc Gill University, montreal kanada dengan beasiswa dari Asia Fondation
  Di UCLA (UNIVERSITY OF CALIFORNIA LOS ANGES) Studi islam dibagi kepada empat komponen
  1. Mengenai doktrin dan sejarah islam termasuk sejarah pemikiran islam 
  2. Bahasa arab termasuk tek-tek  klasik mengenai sejarah, hukum, dll
  3. Bahasa bahasa non arab yang muslim seperti Turki, Urda, Persia, dsb
  4. Ilmu ilmu sosial ,sejarah, bahasa arab, bahasa bahasa islam, sosiologi dan semacamnya
  DiKanada ,studi islam memiliki beberapa tujuan
  1. Menekuni kajian budaya dan peradaban islam 
  2. memahami ajaran islam dan masyarakat muslim diseluruh dunia
  3. Mempelajari berbagai bahasa muslim ,seperti bahasa Persia, Urdu, dan Turki.

0 komentar:

Posting Komentar