Minggu, 18 Oktober 2015

DINAMIKAPERKEMBANGAN STUDI ISLAM

DINAMIKAPERKEMBANGAN STUDI ISLAM

Sejarah Awal Studi Islam
Studi Islam
~    Teori
~    Praktek

 Teori baru muncul pada abad ke 16
Sedangkan prakteknya sejak zaman nabi Adam AS dan nabi Ibrahim AS, misalnya prakteknya dulu orang tua mengajarkan pada anaknya.
Awal pertumbuhan islam , yakni pada masa hidup nabi Muhammad SAW. apa yang dilakukan oleh nabi bersama para sahabatnya dari waktu ke waktu merupakan bentuk studi islam yang sesungguhnya, mereka melakukan dan mempraktekkan studi islam dalam makna yang sesungguhnya. namun demikian, apa yang tengah berlangsung pada masa nabi tersebut belum bisa disebut studi islam sebagai sebuah disiplin keilmuan yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur. para sahabat ketika itu melakukan berbagai kegiatan dalam usahanya untuk memahami ajaran islam. ada yang dalam bentuk khutbah, dalam bentuk dialog, maupun dalam bentuk bentuk diskusi.tempat yang digunakan bermacam macam, tetapi yang paling sering digunakan adalah dimasjid (halqah dan ribath). namun demikian era ini ditandai dengan kesuksesan para sahabat nabi dalam memahami ,mengembangkan dan menyebarkan ajaran islam secara sangat menumental.
 Pada masa selanjutnya ,studi islam berkembang dengan lebih baik. studi islam berkembang searah dengan perkembangan lembaga pendidikan islam ,sebagaimana dicacat oleh Azra ditinjau dari kelembagaan, studi islam mengalami perkembangan dari sorogan dan halaqah dirumah rumah para 'Alim yang sifatnya individual kesistem kuttab, kemudian berkembang lagi kemasjid masjidkhan ,dan kemudian berlanjut kesistem madrasah .
Aspek penting studi islam yang tidk bisa diabaikan dalam masa keemasan islam adalah perpustakaan ,perpustakaan dengan segala jenisnya ,perpustakaan pada masa awalnya dibangun sebagai bagian dari lembaga wakaf. lembaga wakaf pertama adalah madrasah abu Hanifah dan madrasah Nizamiyah di Baghdad
pengajaran adab madrasah hukum Nizamiyah Baghdad dilakukan diperpustakaan. disinilah ahli nahwu dan leksikograf, Abdullah ibn Muslim al-qayrawan (w. 488 H/1095 M) mengajar adab ,mungkin dialah orang pertama mengajar diperpustakaan.

0 komentar:

Posting Komentar